Wednesday, February 25, 2015

Mengenali Tanda-Tanda Penuaan Dini Pada Kulit

Mengenali Tanda-Tanda Penuaan Dini Pada Kulit


Mengenali Tanda-Tanda Penuaan Dini Pada Kulit. Penampilan Anda bisa bercerita banyak tentang diri Anda. Misalnya latar belakang ethnis atau orang tua Anda, usia Anda, apakah Anda seorang perokok atau bukan, atau Anda sering berada dibawah sinar matahari atau tidak. Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi penampilan Anda, lalu yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa beberapa orang menjadi lebih cepat menua. Hal ini yang membuat ilmuwan Nu Skin melakukan penelitian tentang penuaan.

Munculnya tanda-tanda penuaan pada setiap orang bisa sangat berbeda. Penelitian oleh ilmuwan Nu Skin menunjukkan bahwa proses penuaan merupakan hal yang kompleks yang melibatkan banyak faktor, seperti gen, epigenetik, pilihan gaya hidup, dan paparan faktor lingkungan seperti sinar matahari, polusi, dll.

Beberapa dari Anda mungkin sudah akrab dengan banyaknya tanda-tanda penuaan. Tanda-tanda penuaan kulit dapat muncul pada awal dua puluhan atau bahkan sejak dari anak-anak. Misalnya Anda sering terpapar sinar matahari atau mengalami luka bakar, maka efek jangka panjangnya adalah ketika dewasa nanti, kulit Anda akan muncul banyak garis-garis halus, keriput dan kulit yang kendur.

Berikut adalah beberapa faktor utama yang bisa mempengaruhi tanda-tanda penuaan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Nu Skin :


Efek Sinar Matahari
Kerusakan kulit akibat sinar matahari biasanya menyerang salah satu komponen penting pada kulit yaitu Elastin. Peran Elastin sangat penting dalam menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Meskipun letak Elastin berada dilapisan dermis bagian dalam, tetapi sinar UV dapat menembus jauh kedalam dermis dan bisa merusak elastin. Seiring dengan berjalannya waktu, kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV bisa menyebabkan ketidakberaturan struktur elastin sehingga kulit tidak elastis atau kenyal seperti sebelumnya.

Warna Kulit Yang Berbeda
Perbedaan warna kulit sering memberikan efek penuaan yang berbeda pada permukaan kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit terang, perubahan pigmentasi kulit seringkali lebih terlihat selama proses penuaan. Misalnya, dengan munculnya bintik-bintik dan  ketidakteraturan penampilan pigmen di atas permukaan kulit atau sering dikenal dengan flek,

Warna kulit dikontrol oleh keberadaan molekul pigmen yang sering disebut dengan melanin dan hemoglobin. Jumlah dan tipe melanin pada kulit Anda merupakan faktor dominan yang menentukan warna kulit Anda. Melanin diproduksi oleh sel-sel kulit khusus yang berada di lapisan basal epidermis kulit. Produksi melanin oleh melanosit meningkat sebagai respon terhadap paparan sinar matahari, sehingga memberikan penampilan kecokelatan. Seiring bertambahnya usia, melanosit ini berubah dan menciptakan pola pigmentasi yang tidak teratur terkait dengan usia yang tampak di permukaan kulit. 

Hubungan Antara Usia dan Kelembaban Kulit 
Seiring dengan bertambahnya usia maka kelembaban kulit juga berubah. dan perubahan tersebut berbeda antar jenis warna kulit yang satu dengan lainnya. Pada salah satu studi menunjukkan bahwa kulit kuning akan lebih parah mengalami kekeringan kulit ketika terkena sinar matahari daripada yang berkulit gelap. 

Tanda-tanda penuaan memang sangat beragam dan bervariasi, mulai dari munculnya garis-garis halus, keriput dan kendur serta perubahan warna kulit, perubahan kelembaban kulit dan tekstur. Para ilmuwan Nu Skin berusaha untuk mengungkapkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana tanda-tanda penuaan itu terjadi dan bagaimana Anda mendapatkan penampilan terbaik di sepanjang masa.

No comments:

Post a Comment

Info Nu Skin © 2014